Rabu, 30 Oktober 2019

POLITEKNIK KOTA MALANG


POLTEKOM




Didirikan pada tahun 2008 dengan SK Perguruan Tinggi nomor 104/D0/2008 [1] bersamaan dengan 14 Politeknik lainya secara serentak sebagai wujud peningkatan perguruan tinggi dalam pendidikan vokasi di Indonesia. Politeknik Kota Malang menekankan pendidikan pada teknologi terapan (applied technology) khususnya di bidang teknik (engineering).

Dibangun awalnya pada bidang tanah seluas 3 hektare kampus dibuka dengan 3 bidang studi yaitu Teknik Mekatronika, Teknik Telekomunikasi , dan Teknik Informatika. Dalam kurun waktu 4 tahun Politeknik Kota Malang mengembangkan lagi jurusan pada Teknik Alat Berat, dan Manajemen Informatika.

Politeknik Kota Malang juga membina hubungan dengan beberapa industri sebagai stakeholder untuk program internship (magang) mahasiswa yang terselip dalam kurikulum akademik nya.


1. DESTINASI PARIWISATA



Program Strata-1 ini dirancang untuk menghasilkan ahli-ahli pariwisata yang memiliki penguasaan secara konseptual terhadap aspek-aspek kebijakan dan pengelolaan Destinasi Pariwisata.

Profil Lulusan : Pengajar/Dosen, tenaga Ahli pada Institusi/Instansi Kepariwisataan

Waktu Studi : 8 Semester (4-7 tahun) | Beban Studi : 145 SKS | Sebutan yang diberikan : Sarjana Pariwisata (S.Par.)

Kompetensi :

Mengembangkan keilmuan pariwisata, khususnya cabang kebijakan pembangunan pariwisata dalam konteks destinasi pariwisata.
Mampu mengembangkan keahlian dalam memformulasikan kebijakan, pengembangan SDM, perencanaan dan pengelolaan produk wisata & pelayanan, pemanfaatan sumberdaya & pengembangan produk pariwisata, dan tata kelola operasi kepariwisataan dalam pembangunan berkelanjutan destinasi pariwisata.
Memiliki pola berpikir taktis dan sistematis dalam proses penganalisaan kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan serta kendala kompleksitas pariwisata yang bersifat dinamis dan multi dimensi disuatu destinasi pariwisata.
Memiliki daya nalar dan inisiatif realistis dalam memberikan solusi permasalahan pengembangan pariwisata melalui rekomendasi konseptual yang aplikatif dan implementable.



2. TEKNIK TELEKOMUNIKASI



Program Studi Teknik Telekomunikasi adalah program interdisipliner, yang membutuhkan perpaduan antara pengetahuan yang mencakup bidang Teknik Elektro, Ilmu Komputer, Manajemen, Ekonomi, dan Kebijakan, selain ilmu-ilmu dasar sains dan matematika sebagai dasar dari ilmu rekayasa (teknik).

Mahasiswa dalam program ini diberikan kesempatan untuk belajar dan memperluas kemampuan mereka dalam analisis dan menyelesaikan masalah dalam bidang teknik telekomunikasi. Mereka juga siap dan mampu untuk merancang implementasi teknologi baru agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat saat ini.

Program ini memberikan siswa pengelaman pendidikan terpadu yang diarahkan pada pemahaman dalam menerapkan pengetahuan dan teknik, serta meningkatkan kemampuan mereka dalam mengidentifikasi dan menemukan solusi efektif dan efisien untuk masalah-masalah praktis dalam bidang teknik telekomunikasi.

Program ini memastikan bahwa kemampuan dan pengalaman siswa dalam desain dan analisis dapat dicapai dengan memberikan pendidikan praktik dan laboratorium secara sekuential dan terintegrasi, yang diuraikan di dalam kurikulum.



3. TEKNIK MEKATRONIKA



Ilmu Teknik Mekatronika adalah penggabungan ilmu mesin Mekanik dan Elektronika yang dihubungkan dengan Teknologi Informatika. Bidang ilmu ini berasal dari Jepang dan dicetuskan oleh perusahaan Yasakawa. Pada awalnya, ilmu ini dikhususkan pada bidang Feikwerktechnik, yaitu cabang yang mengutamakan ketelitian seperti pada peralatan optik. Seiring berkembangnya zaman, ilmu ini diperluas untuk mesin-mesin yang lebih kompleks dan modern terutama pada dunia informatika.

Aplikasi Mesin Teknik Mekatronika sendiri bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari seperti pada mesin fotokopi, pintu otomatis, anti-lock breaking system, dan sebagainya. Pada bidang industri, para insinyur Teknik Mekatronika mengembangkannya ke dalam mesin-mesin yang terintegrasi untuk mengolah suatu produk dari bahan mentah menjadi barang jadi.



4. TEKNIK INFORMATIKA



Teknik Informatika merupakan salah satu jurusan pendidikan tingkat perguruan tinggi yang mempelajari serta menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis matematis dalam perancangan, pengujian, pengembangan, dan evaluasi sistem operasi, perangkat lunak (software), dan kinerja komputer. Dalam kata lain, bidang studi ini akan melakukan pembahasan terkait pengolahan data dengan memanfaatkan teknologi komputer yang menggunakan prinsip dan proses logika.

Bila memutuskan untuk memilih jurusan Teknik Informatika, maka kamu akan cukup banyak berkutat dengan pemrograman (programming), pengembangan perangkat lunak (software), dan teknologi jaringan komputer. Pada dasarnya, kamu akan menjadi penerjemah suatu ide yang harus dituangkan dalam bentuk digital menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Dalam prosesnya, kamu akan banyak membuat flowchart alias bagan alur bagaimana sebuah sistem dapat berjalan sesuai dengan fungsi dan logikanya. Tentu saja, ketelitian dan keuletan menjadi karakter paling dasar yang harus kamu miliki.



ruby team

0 komentar:

Posting Komentar